matematika Fantastic

Assalammu'alaikum..selamat datang-di mrzane9.blogspot.com-mahalnya.sebuah.kejujuran- matematika menyenangkan ---.. HARI SATRI INDONESIA 22 OKTOBER 2018--SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA insya Allah

Minggu, 19 Februari 2012

TUGAS/PR SISWAKU MTs.ANDALUSIA

ulangan harian kelas IX hari/tanggal: Sabtu,3 maret 2012

Sekolah                     : MTs.Andalusia
Kelas/semester        : IX/2
Skoor                        : 100


soal
1.    Tentukan penyelesaian dari persamaan-persamaan berikut dengan cara memfaktorkan
       a.       x2  – 6x – 40 = 0
       b.    2x2 + 3x – 9 = 0
       c.    4x2 –  9 = 0
2.    Salah satu akar persamaan 3x2 + 2x + c = 0 adalah -2, tentukan :
       a.    Nilai c
       b.    Penyelesaian persamaan tersebut
3.    Susunlah persamaan kuadrat yang akar-akarnya 4 dan 6

Peyelesaian :
1.   a.    x2 – 6x – 40 = 0
        (x – 10)(x + 4 ) = 0                     --------(5)
        X1 = 10          x2 = -4                 --------(5)   
      b.              2x2 + 3x – 9 = 0  

              2x2 + 6x - 3x – 9 = 0           ---- (10)
          2x(x + 3) – 3(x + 3) = 0             ---- (5)
                 (2x – 3) (x + 3) = 0             -----(5)
                      X1 =       x2 = -3             ----(5)  
      c.  4x2 –  9 = 0
         (2x + 3) (2x - 3) = 0           ----(5)  
             X1 =  -      x2 =              ----(5)  
2. 3x2 + 2x + c = 0
    a. 3(-2)2 + 2(-2) + c = 0         ----(5)  
        3.4     - 4 + c        =  0
         12    - 4   +  c      =  0
                    8  +  c       =  0
                  c       = -8                 ----(5)  
    b. 3x2 + 2x + c = 0
        3x2 + 2x  -  8           = 0         ----(5)  
        3x2  - 4x + 6x  - 8    = 0         ----(5)  
        x(3x - 4) - 2(3x - 4) = 0          ----(5)  
        (x + 2) (3x - 4)         = 0         ----(5)  
       (x + 2)    = 0
        X1          = -2
       (3x - 4)  = 0
        X2          =                          ----(5)  
3     X1 = 4       dan     x2 = 6
           (x – x1)(x – x2)   = 0       ----(5)  
          (x – 4)(x – 6)       = 0       ----(5)  
       X2 – 6x – 4x + 24   = 0      ----(5)  
             X2 – 10x + 24   = 0      ----(5)  
   
  

SOAL UJI KOPETENSI 5 KELAS VIII  (delapan)
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)

Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Jumlah dari 12a + 7  dan  –5a + 12  adalah....
        a.7a + 19        b. 17a + 19        c. 7a + 8        d. 17a + 8

2.    Hasil pengurangan dari  x2 – 8y2 + 10  dari 7x2 + 6y2 – 12 adalah...
       a. 6x2 + 14y2 – 22        b. 7x2 + 16y2 – 12 
       c. 7x2 + 6y2 – 22         d. 6x2 + 6y2 – 12

3.    Hasil perkalian 2a(5a – 7) adalah...
       a.10a2 - 14        b.10a2 + 14        c. 7a2 - 9        d. 7a2 + 9

4.    Hasil pembagian (x2 + 2x – 48) : (x – 6) adalah.....
       a.x + 8        b. x - 8        c. x + 6        d. x – 6
         
5.    Hasil pemangkatan (2a2b3)3 adalah....
        a.8a6b9        b. 6a6b9        c. 8a2b9        d. 6a6b6
       
6.    Pemfaktoran bentuk aljabar 4a – 12ab adalah....
       a.4a(1 – 3b)        b. 4a(a – 3b)        c. a(4a – 3b)        d. a(4 – 3b)
       
7.    Pemfaktoran bentuk aljabar x2 + 10x + 25 adalah....
       a.(x + 5)2        b.(x + 5)(x – 5)        c. (x - 5)2    d. (x + 2)(x + 5)
   
8.    Pemfaktoran bentuk aljabar y2 – 16 adalah...
       a.(y + 4)(y – 4)    b. (y + 4)(y + 4)        c. (y - 4)2    d. (y + 4)2

9.    Pemfaktoran  bentuk aljabar 3a2 – 27 adalah...
       a. 3(a + 3)(a – 3)    b.(a + 3)(a – 3)        c. 3(a + 4)2    d. 3(a - 4)2
   
10.    Pemfaktoran  bentuk aljabar x2 + 7x + 12 adalah....
         a.(x + 4)(x + 3)    b. (x - 4)(x +3)        c. (x - 4)2    d. (x + 3)2

           No.ujian    nama    nilai
       
           jawaban
           1    2    3    4    5    6    7    8    9    10

                     SOAL UJI KOPETENSI KELAS VIII
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

11.    Faktorkanlah bentuk aljabar berikut ini!
          a.    p2 + 15pq – 34q2    
          b.         x2 – 20xy + 19 y2
12.    Faktorkanlah bentuk aljabar berikut ini!
        a.    2a2 + 9a + 10    c.    5x2  – 8x – 4
        b.    4p2 + 2p – 12   

13.    Sederhanakanlah pecahan-pecahan berikut!
             a.         b.   
14.    Sederhanakanlah penjumlahan/pengurangan bentuk aljabar berikut ini!
             a.   
             b.   
15.    Sederhanakanlah perkalian/pembagian bentuk aljabar berikut ini!
              a.              c.   
              b.              d.   
16.    Apa yang dimaksud dengan relasi? Berikan contoh relasi dan fungsi
        dalam kehidupan sehari-hari!

17.    Diketahui A = B = {1, 2, 3, 4}
            Buatlah relasi “kurang dari” dari himpunan A ke himpunan B dengan        
            menggunakan:
          (i)    diagram panah,
                     (ii)    diagram Cartesius,
            (iii)himpunan pasangan berurutan.
19.     Gambar di samping menunjukkan diagram pemetaan dari P ke Q. Tentukan:
            (i)    daerah asal,
            (ii)    daerah kawan,
            (iii)daerah hasil.
18.    Tentukan banyak cara fungsi dari (1, 2, 3} ke {a, b}!
19.    Dari himpunan pasangan berurutan berikut, manakah yang
         merupakan korespondensi satu-satu?
                    a.    {(1, 2), (2, 3), (3, 4), (4, 5)}
                    b.    {(5, 6), (6, 5), (4, 7), (7, 4)}
20.    Buatlah tabel untuk fungsi h : x   x + 1 dari {0. 2. 4. 6. 8}
         ke himpunan bilangan cacah,
         kemudian  gambarlah grafik fungsi itu!
         Suatu fungsi ditentukan dengan rumus f(x) = 12 – 3x. Tentukan:
            a.    rumus fungsi f,
            b.    nilai f(2),
            c.    nilai a jika f(a) = 18
21.    Buatlah tabel fungsi f : x   4 – 3x dengan daerah asal {–3, –2, –1, 0, 1, 2, 3}
            a.    Berdasarkan tabel tersebut, tentukan bayangan dari –1, 0 dan 1.
            b.    Jika nilai variabel x bertambah 2, bagaimanakah nilai f(x)?
22.    Fungsi f dengan f(x) = ax + b. Jika diketahui f(4) = 7 dan f(–1) = –8,
         tentukan:
            a.    nilai a dan b,    c.    nilai f(2).
            b.    bentuk fungsinya,

23.    Empat orang anak Erwin, Anggi, Dinda, dan Adam. Erwin dan Anggi
         berbadan tinggi, anak yang lain
          tidak. Dinda berambut keri-ting, anak yang lain tidak. Anggi, Dinda,
         dan Adam berkulit kuning,anak
         yang lain tidak.
             a.    Buatlah diagram panah yang menghu-bungkan setiap anak dengan      sifatnya!
             b.    Siapakah yang berbadan tinggi dan berkulit kuning?
             c.    Siapakah yang berkulit kuning tetapi berambut keriting?
 

24.    Untuk gambar di atas, tentukanlah gradien garis-garis berikut ini!
                   1.    Garis AB   
                   2.    Garis CD            3.Garis EF
25.    Hitunglah gradien garis yang menghubung-kan setiap pasangan
          titik-titik berikut!
           1.    A(4, 3) dan B(10, 7)
           2.    P(–5, 2) dan Q(4, –10)
26.    Garis g memiliki gradien  . Tentukan gradien dari:
           a.    garis k, jika sejajar dengan  garis g,
          b.    garis h, jika tegak lurus dengan garis g.
27.    Tentukan persamaan garis yang melalui titik (0, 0)
        dengan gradien berikut ini!
            a.    9    b.   
28.    Gambarlah garis dengan persamaan berikut dengan
        terlebih dahulu membuat tabel hubungan nilai x
          dengan y!
          a.    y = –2x    b.    y =  x
29.    Tentukan persamaan garis yang melalui titik (–4, 8) dan bergradien  !
30.    Tentukan persamaan garis yang melalui titik (0, –7) dan
          tegak lurus dengan garis 3x – 4y = 8!
31.    Tentukan persamaan garis yang melalui
          pasangan-pasangan titik berikut!
           1.    (4, 1) dan (6, 5)    2.    (2, –4) dan (0. 8)
32.    Di antara pasangan-pasangan persamaan garis berikut,
        tentukan pasangan garis yang saling sejajar
         dan pasangan garis yang saling berimpit!
        1.    y = 2x + 5 dan 4x – 2y = 8
        2.    y = 3x + 2 dan 6x + 2y = 10
33.   Di antara pasangan-pasangan persamaan garis berikut, tentukan
        pasangan garis yang saling
        berpotongan dan pasangan garis yang saling
        berpotongan tegak lurus!
        1.    y = 2x + 5 dan 4x – 12y = 12
        2.    y = –3x + 2 dan 4x – 12y = 8
        a.    Buatlah grafik dari fungsi permintaan Q = 36 – 1,8P!
        b.    Tentukan banyak permintaan tertinggi!
        c.    Tentukan harga tertinggi jika P dalam ribuan rupiah!
34.    Tentukan penyelesaian dari persamaan-persamaan berikut dengan x dan y
         bilangan bulat positif
          kurang dari 8!
            a.    2x – y = 3    b.    x + 2y = 7
35.    Jelaskan perbedaan antara PLDV dan SPLDV!
         Tentukan penyelesaian dari sistem persama-an berikut menggunakan
         metode substitusi!
                    1.    x = 4y dan 2x + 3y = 22
                    2.    x + 3y = 7 dan 3x – 2y = 10
36.    Tentukan penyelesaian dari sistem persama-an berikut menggunakan
          metode eliminasi!
                    1.    x + 3y = 11 dan x – 2y = 1
                    2.    2x + 3y = 12 dan3x – 2y = 5
37.    Tentukan penyelesaian dari sistem persa-maan berikut menggunakan
          metode grafik!
                    1.    x = 4y  dan 2x + 3y = 22
                    2.    x + 3y = 7 dan 3x – 2y = 10
38.    Tentukan penyelesaian dari sistem persamaan   dan 
          Harga 2 keping CD kosong dan 1 tinta prin-ter berwarna Rp81.000,
         sedangkan harga 1 keping CD
          kosong dan 2 tinta printer ber-warna Rp153.000.
          a.Susunlah sistem persamaan berda-sarkan data di atas, kemudian sele
             saikanlah!
          b.Tentukan harga 3 keping CD kosong dan 2 tinta printer berwarna!
39.    Tentukan penyelesaian dari sistem persa-maan berikut!
                    1.    x2 + y2 = 24 dan x2 –y2 = 16
                    2.    a2 + b2 = 34 dan a2 – b2 = –39
40.    Berdasarkan gambar di samping, p2 = . .


 . .

41.    Hitunglah nilai p pada gambar di samping!




42.    Dalam ∆ABC diketahui AB = 12 cm, BC =
        9 cm, dan AC = 16 cm. Tunjukkan bahwa ∆ABC siku-siku di B!

43.    Hitunglah panjang AB dan AC pada gambar di samping!

         SOAL UJI KOPETENSI 1 KELAS VIII
         Bidang study         : Matematika
         guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Tentukan jumlah dari 12a + 7 dan     –5a + 12

2.    Kurangkanlah x2 – 8y2 + 10 dari     7x2 + 6y2 – 12


3.    Tentukan hasil perkalian berikut ini!
        a.    2a(5a – 7)     b. (x + 3)(x – 8)
4.    Tentukan hasil pembagian berikut ini!
            a.    15x8y5 : (–5x7b)
            b.    (x2 + 2x – 48) : (x – 6)
5.    Tentukan hasil pemangkatan berikut ini!
        a.    (2a2b3)3    b.    (–2x5y3)4
6.    Tentukan hasil pemangkatan berikut ini!
          a.    (8p – 7q)2    b.    (2x – 3)3


7.    Faktorkanlah bentuk aljabar berikut ini!
         a.    4a – 12ab    b.    8a2b + 4ab2 – 6a2b2
8.    Faktorkanlah bentuk aljabar berikut ini!
            a.    x2 + 10x + 25    b.    9x2 + 30xy + 25y2
9.    Faktorkanlah bentuk aljabar berikut ini!
         a.    a2 – 16    b.    49p2  – 100q2
10.    Faktorkanlah bentuk aljabar berikut ini!
            a.    3a2 – 27    b.    5b4 – 20b4

SOAL UJI KOPETENSI 2  KELAS VIII
Bidang study         : Matematika

guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Faktorkanlah bentuk aljabar berikut ini!
        a.    a2 + 18a + 12    b.    y2 –12 – 24
2.    Faktorkanlah bentuk aljabar berikut ini!
       a.    p2 + 15pq – 34q2    
          b.         x2 – 20xy + 19 y2
3.    Faktorkanlah bentuk aljabar berikut ini!
        a.    2a2 + 9a + 10    c.    5x2  – 8x – 4
        b.    4p2 + 2p – 12    d.    7x2  – 12xy + 4y2
4.    Sederhanakanlah pecahan-pecahan berikut!
             a.         b.   
5.    Sederhanakanlah penjumlahan/pengurangan bentuk aljabar berikut ini!
          a.   
             b.   
6.    Sederhanakanlah perkalian/pembagian bentuk aljabar berikut ini!
           a.         c.   
              b.              d.   
7.    Apa yang dimaksud dengan relasi? Berikan contoh relasi dan fungsi
       dalam kehidupan sehari-hari!


SOAL UJI KOPETENSI 3 KELAS VIII
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd
1.    Diketahui A = B = {1, 2, 3, 4}
       Buatlah relasi “kurang dari” dari himpunan A ke himpunan B dengan        
       menggunakan:
       (i)    diagram panah,
       (ii)    diagram Cartesius,
       (iii)himpunan pasangan berurutan.
2. Gambar di samping menunjukkan diagram pemetaan dari P ke Q. Tentukan:
            (i)    daerah asal,
            (ii)    daerah kawan,
            (iii)daerah hasil.
3.    Tentukan banyak cara fungsi dari (1, 2, 3} ke {a, b}!
4.    Dari himpunan pasangan berurutan berikut, manakah yang merupakan   
         korespondensi satu-satu?
                    a.    {(1, 2), (2, 3), (3, 4), (4, 5)}
                    b.    {(5, 6), (6, 5), (4, 7), (7, 4)}
5.    Buatlah tabel untuk fungsi h : x   x + 1 dari {0. 2. 4. 6. 8} ke himpunan
       bilangan cacah, kemudian
        gambarlah grafik fungsi itu!
        Suatu fungsi ditentukan dengan rumus
        f(x) = 12 – 3x. Tentukan:
            a.    rumus fungsi f,
            b.    nilai f(2),
            c.    nilai a jika f(a) = 18

SOAL UJI KOPETENSI 4 KELAS VIII
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd
1.    Buatlah tabel fungsi f : x   4 – 3x dengan daerah asal {–3, –2, –1, 0, 1, 2, 3}
            a.    Berdasarkan tabel tersebut, tentukan bayangan dari –1, 0 dan 1.
            b.    Jika nilai variabel x bertambah 2, bagaimanakah nilai f(x)?
2.    Fungsi f dengan f(x) = ax + b. Jika diketahui f(4) = 7 dan f(–1) = –8, tentukan:
            a.    nilai a dan b,    c.    nilai f(2).
            b.    bentuk fungsinya,
3.    Empat orang anak Erwin, Anggi, Dinda, dan Adam. Erwin dan Anggi
      berbadan tinggi, anak yang lain   tidak. Dinda berambut keri-ting,\
      anak yang lain tidak. Anggi, Dinda, dan Adam berkulit kuning, anak
       yang lain tidak.
            a.    Buatlah diagram panah yang menghu-bungkan setiap anak dengan   
                   sifatnya!
            b.    Siapakah yang berbadan tinggi dan berkulit kuning?
            c.    Siapakah yang berkulit kuning tetapi berambut keriting?

4.    Untuk gambar di atas, tentukanlah gradien garis-garis berikut ini!
                   1.    Garis AB   
                   2.    Garis CD            3.Garis EF
5.    Hitunglah gradien garis yang menghubung-kan setiap pasangan
       titik-titik berikut!
                    1.    A(4, 3) dan B(10, 7)
                    2.    P(–5, 2) dan Q(4, –10)

SOAL UJI KOPETENSI 5 KELAS VIII

Bidang study         : Matematika

guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Garis g memiliki gradien  . Tentukan gradien dari:
                    a.    garis k, jika sejajar dengan  garis g,
                    b.    garis h, jika tegak lurus dengan garis g.
2.    Tentukan persamaan garis yang melalui titik (0, 0) dengan gradien
       berikut ini!
            a.    9    b.   
3.    Gambarlah garis dengan persamaan berikut dengan terlebih dahulu
       membuat tabel hubungan nilai x
       dengan y!
       a.    y = –2x    b.    y =  x
4.    Tentukan persamaan garis yang melalui titik (–4, 8) dan bergradien  !
5.    Tentukan persamaan garis yang melalui titik (0, –7) dan
       tegak lurus dengan garis 3x – 4y = 8!
6.    Tentukan persamaan garis yang melalui
        pasangan-pasangan titik berikut!
        1.    (4, 1) dan (6, 5)    2.    (2, –4) dan (0. 8)
7.    Di antara pasangan-pasangan persamaan garis berikut,
        tentukan pasangan garis yang saling sejajardan
        pasangan garis yang saling berimpit!
        1.    y = 2x + 5 dan 4x – 2y = 8
        2.    y = 3x + 2 dan 6x + 2y = 10
8.    Di antara pasangan-pasangan persamaan garis berikut,
       tentukan pasangan garis yang saling
       berpotongan dan pasangan garis yang saling berpotongan tegak lurus!
        1.    y = 2x + 5 dan 4x – 12y = 12
        2.    y = –3x + 2 dan 4x – 12y = 8
        a.    Buatlah grafik dari fungsi permintaan Q = 36 – 1,8P!
        b.    Tentukan banyak permintaan tertinggi!
        c.    Tentukan harga tertinggi jika P dalam ribuan rupiah!

SOAL UJI KOPETENSI 6 KELAS VIII
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Tentukan penyelesaian dari persamaan-persamaan berikut
       dengan x dan y bilangan bulat positif
        kurang   dari 8!
        a.    2x – y = 3    b.    x + 2y = 7
2.    Jelaskan perbedaan antara PLDV dan SPLDV!
       Tentukan penyelesaian dari sistem persama-an berikut menggunakan
       metode substitusi!
                    1.    x = 4y dan 2x + 3y = 22
                    2.    x + 3y = 7 dan 3x – 2y = 10
3.    Tentukan penyelesaian dari sistem persama-an berikut menggunakan
       metode eliminasi!
                    1.    x + 3y = 11 dan x – 2y = 1
                    2.    2x + 3y = 12 dan3x – 2y = 5
4.    Tentukan penyelesaian dari sistem persa-maan berikut
        menggunakan metode grafik!
        1.    x = 4y  dan 2x + 3y = 22
        2.    x + 3y = 7 dan 3x – 2y = 10
5.    Tentukan penyelesaian dari sistem persamaan   dan 
       Harga 2 keping CD kosong dan 1 tinta prin-ter berwarna Rp81.000,
      sedangkan harga 1 keping CD  
       kosong dan 2 tinta printer ber-warna Rp153.000.
       a.Susunlah sistem persamaan berda-sarkan data di atas, kemudian sele
          saikanlah!
       b.Tentukan harga 3 keping CD kosong dan 2 tinta printer berwarna!
6.    Tentukan penyelesaian dari sistem persa-maan berikut!
                    1.    x2 + y2 = 24 dan x2 –y2 = 16
                    2.    a2 + b2 = 34 dan a2 – b2 = –39

SOAL UJI KOPETENSI 7 KELAS VIII

Bidang study         : Matematika

guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Berdasarkan gambar di samping, p2 = . .


 . .

2.    Hitunglah nilai p pada gambar di samping!




3.    Dalam ∆ABC diketahui AB = 12 cm, BC =
     9 cm, dan AC = 16 cm. Tunjukkan bahwa ∆ABC siku-siku di B!

4.    Hitunglah panjang AB dan AC pada gambar di samping! 

SOAL UJI KOPETENSI 1 KELAS VII  (tujuh)
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd



3.    Menggunakan sifat-sifat yang berlaku pada pen-jumlahan
      bilangan bulat tentukan hasil dari :
    a. 23 + 8 + 17
    b. 234 + 0
    c. 37 + 26 + 63

4.    Tentukan invers (lawan) dari bilangan bulat berikut:
      a. 34        c. m
      b. –76               d.–n
5.    Tentukan hasil pengura-ngan bilangan berikut:
       a. 23 – 12   
       b. 34 – (–18)
       c. –13 – 17
       d.–54 – (–111)
6.    Tentukan arti perkalian bilangan bulat berkut:
        a.3 × 4
        b.5 × (–6)
        c.4 × (–5)
7.    Tentukan hasil perkalian bilangan bulat berikut:
        a.15 × 3        c.45 × 0
        b.–5 × (–6)    d.125 × 1
8.    Berikanlah contoh-contoh perkalian bilangan bulat yang menunjukkan
       berla-kunya sifat :
       a.komutatif perkalian
       b.asosiatif perkalian
       c.distributif perkalian
9.    Tentukan arti pembagian berikut!
       a.    24 : 8
       b.    39 : (–3)
       c.    42 : 7
10.    Tentukan hasil pembagian berikut ini:
      a.    –48 : 18
      b.    –64 : 16
      c.    –72 : 9

SOAL UJI KOPETENSI 2 KELAS VII  (tujuh)
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Tentukan hasil pembagian berikut ini:
        a.105 : (–35)
        b.144 : (–6)
        c.180 : (–15)
 2. Tentukan hasil pembagian berikut ini:
        a.    –210 : (–35)
        b.    –144 : (–12)
       c.    –180 : (–20)
3. Tentukan hasil pembagian berikut ini:
         a.    5 : 0
         b. 14 : 0
         c. –18 : 0
4. Tentukan KPK dan FPB dari pasangan bilangan berikut dengan cara mem-  
    faktorkan:
      a. 105  dan 120
      b. 45, 75, dan 120
5. Tersedia 84 buku, 56 pen-sil, dan 140 krayon. Bila buku, pensil, dan krayon       
    tersebut akan dibagi rata kepada sejumlah anak, berapa anak sebanyak-
    banyaknya yang dapat menerima pembagian itu?


SOAL UJI KOPETENSI 3 KELAS VII  (tujuh)
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Di antara bilangan-bila-ngan berikut, tentukan bi-langan yang
      habis dibagi 4 atau    habis dibagi 5!
           a.908
       b.89.536

2.    Lakukan pendekatan ke angka ratusan terdekat pada bilangan-bilangan berikut!
            a.236
            b.6.456
            c.7.654.321
3.    Tentukan taksiran hasil perhitungan berikut ke angka puluhan!
            a.18 × 23
            b. 751 × 11
            c. 2.547 × 106
4.    Dengan menggunakan tanda kurung, tentukan hasil perhitungan berikut ini:

           a. {–8 × [–9 × (–17 +  10)]}
           b. 8×{75 – [–9  11)×(–6)]}
5.     Tentukan hasil perpang-katan dari bilangan beri-kut!
              a. –52
              b.    (–9)3
              c.    –(15 + 5)2
              d.    (–15 + 10)5
6.    Sederhanakan bentuk-bentuk berikut!
              a.    52 × 55 × 52
              b.    82 × 85 × 84
7.    Sederhanakan bentuk-bentuk berikut!
              a.    88 : 85
               b.    97 : (93 × 92)

8.    Sederhanakan bentuk-bentuk berikut!
             a.    (32 )4
             b.    (93 × 92)4


SOAL UJI KOPETENSI 4 KELAS VII  (tujuh)

Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.     Hitunglah hasil akar kuadrat berikut ini!
         a)        
         b)   
         c)   
2.    Hitunglah hasil akar kua-drat berikut ini!
               a.        
               b.   
                     c.   
3.    Hitunglah hasil akar kua-drat berikut ini!
             a.        
             b.   
             c. 
4.    Isilah titik-titik berikut ini untuk menyatakan peca-han-pecahan
       yang sama nilainya.
             a.   
             b.   
5.    Gunakan lambang< atau > untuk menyatakan hubu-ngan
        masing-masing pe-cahan berikut ini!
             a.      dan 
             b.   dan 
6.     Nyatakan pecahan-peca-han berikut sebagai peca-han campuran!
            a.
            b.
7.    Nyatakan pecahan-peca-han berikut sebagai peca-han biasa!
             a.   
           b.   
8.    Diketahui gaji seorang pramuniaga sebuah toko Rp 750.000 setiap bulan.
       Karena ia rajin bekerja,  maka gajinya ditambah   dari gaji semula.
       Be-rapa gaji pramuniaga itu sekarang!

9.    .Nyatakan bilangan-bila-ngan berikut sebagai bila-ngan pecahan campuran!
            a.    5,15
            b.    8, 24
10.    Nyatakan bilangan-bila-ngan berikut sebagai bila-ngan pecahan desimal!
            a.         b.   


SOAL UJI KOPETENSI 5 KELAS VII  (tujuh)
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
                                       
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Bilangan   dalam bentuk pecahan desimal adalah...
             a.5,13    b.5,25        c.5,52        d.55,2           
2.    Bentuk  85%  dinyatakan sebagai pecahan adalah...
             a.         b.          c.          d.
3.    Bentuk   dinyatakan sebagai persen adalah....
            a.60 %    b.50 %    c.30 %    d. 15 %   
4.    Bentuk   dinyatakam kebentuk permil adalah....
            a.600 ‰      b.500 ‰    c.300 ‰    d.150 ‰   
5.    bentuk   dinyatakan  sebagai pecahan adalah...
           a.             b.          c.          d.     
6.    Hasil penjumlahan   +   adalah...
         a.             b.          c. 1         d.     

7.    Hasil pengurangan   adalah...
       a.             b.          c. 1         d. 
8.    Hasil perkalian   adalah...
           a.                 b.          c. 1         d. 

9.    Hasil penjumlahan dari  6,75 + 12,4  adalah....
          a.0,1915    b. 1,915    c. 19,15    d. 191,5   

10.    Bentuk sederhana dari pembagian pecahan   adalah...          
      a.1             b. 1         c. 1         d. 1

No.ujian    nama    nilai
       

1    2    3    4    5    6    7    8    9    10
                                  
SOAL UJI KOPETENSI 6 KELAS VII  (tujuh)
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

11.    Sederhanakan soal-soal berikut!
           a.   
           b.   
12.    Sederhanakan soal-soal berikut!
          a.   
          b.   
13.    Tentukan hasil pemangka-tan pecahan-pecahan be-rikut ini!
          a.   
          b.   
14.    Sederhanakan soal-soal berikut ini!
          a.   
          b.   
15.    Tentukan hasil dari soal-soal berikut!
          a. 6,75 + 12,4
          b. 10,05 + 24,12  45,09
16.    Tentukan hasil perkalian soal-soal berikut!
          a.    24,12 × 50,25
          b.    123,456 × 1000
17.    Tentukan hasil pembagian soal-soal berikut!
          a.    25,6 : 8
          b.    4,32 : 0,18
18.    Bulatkan sampai dua tem-pat desimal soal-soal beri-kut!
           a.    1,2436    b.    15,0097
19.    Tentukan taksiran hasil perkalian bilangan-bila-ngan berikut!
           a.    5,25 X 17,981
           b.    119,88 x 125,5
20.    Tulislah bilangan-bilangan berikut dalam bentuk baku!
           a.    45,89
           b.    560000
           c.    0,000785
          d.    0,0000000789545


SOAL UJI KOPETENSI 7 KELAS VII  (tujuh)
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Tentukan koefisien p dari bentuk aljabar berikut!
            a.    2p2  5pq + 4p
            b.    p3 + 5p2  p + 7
2.    Tentukan hasil dari soal-soal berikut!
           a. 2p2 × (8pr)
           b.    (2p × 5q)4
           c.     6x8y5 : 3x2y3
3.    Tentukan hasil penjumla-han dari 5x  2xy + 6y dan 4x + 3xy  5y !
4.    Jika p = 3 dan q = 2, tentukan nilai dari bentuk aljabar berikut!
            a. p3  q3   
           b.(p  q)2ntukan hasil pengura-ngan 3a2 9a dari a2+ 5a!

5.    Tentukan KPK dan FPB dari bentuk-bentuk aljabar berikut!
           a.    16a2b2c  dan    20b2c2d
           b.    12p2q, 15q2r, dan 24pqr2
6.    Sederhanakan pecahan-pe-cahan aljabar berikut ini!
           a. 
           b. 
7.    Sederhanakan soal-soal berikut!
            a.   
            b.   
8.    Tentukan hasil pemang-katan pecahan aljabar be-rikut!
            a.   
            b.   
9.    Sederhanakan soal-soal berikut!
            a.   
            b.   
10.    Tentukan hasil pemang-katan pecahan aljabar be-rikut!
           a.   
           b.    

SOAL UJI KOPETENSI 8 KELAS VII  (tujuh)
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Jabarkan bentuk-bentuk aljabar berikut!
            a.    3x(x – 2)
            b.    3pq (7p + 8pq   5q)
2.    Jabarkan setiap bentuk perkalian berikut ini dengan menggunakan
       hukum distributif  dan menggunakan skema.!
           a.     (x + 2)(x  5)
           b.     (x2 + 5x)(x2  10x)
3.    Tentukan hasil pengkua-dratan berikut!
           a.    (4p + 15)2
           b.    (10m  3n)2
4.    Tentukan hasil perkalian berikut!
           a.    24 x 26
           b.    42 x 48
           c.    75 x 85
5.    Sebuah batu dilemparkan ke vertikal ke atas. Tinggi batu setelah t detik,
       yaitu h meter  dinyatakan dengan rumus h = 15t x5t2.
       Hitunglah tinggi batu pada saat 2 detik setelah  dilemparkan x 64

6.    Nyatakan kalimat berikut benar atau salah!
           a.    15 + 5 = 5 + 15 adalah sifat asosiatif penjumlahan.
           b.    Faktor dari 6 adalah 1,2,4, dan 6.

7.    Tentukan pengganti varia-bel berikut, sehingga men-jadi kalimat yang benar!
           a.        2 + x  = 10
           b.    y adalah faktor dari 12.
           c.    Satu tahun adalah n  bulan

8.    Dengan mengambil varia-bel pada himpunan bila-ngan asli,
      tentukan penye-lesaian persamaan
       berikut    ini dengan cara substitusi!
           a. 2n – 8 = 20
           b. 50 + 2m = 100
9.    Tentukan penyelesaian dari persamaan-persama-an berikut!
           a.    x + 5 = 6
           b.    y  8 = 7
10.    Tentukan penyelesaian dari setiap persamaan berikut!
         a.    3a  =  18
         b.    6b – 6 = 18
         c.    4p  +  6  =  24 – 2p
         d.    z  6 = 2z + 8.
         e.    k   6 = 4  k

SOAL UJI KOPETENSI 9 KELAS VII  (tujuh)
Bidang study         : Matematika

guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Tunjukkan dengan grafik, penyelesaian dari persa-maan-persamaan berikut!
           a.    x  +  3  =  8
           b.    5q  –  1  =  16
2.    Tentukan penyelesaian dari persamaan-persamaan berikut!
       a.      
       b.     
3.    Tentukan penyelesaian dari setiap persamaan berikut!
              a.    (x + 8 )(x – 5) = x(x – 2)
              b.    (x – 7)(x – 2) = (x + 9) (x – 6)
4.    Jumlah tiga bilangan ganjil yang berurutan adalah 117.
       a.Jika bilangan pertama n, nyatakan bilangan kedua dan ketiga dalam n!
       b.Tentukan bilangan-bilangan itu!
5.    Sisipkanlah salah satu lambang <, =, atau < di antara
       pasangan bilangan berikut ini agar menjadi
       kalimat benar!
            a.    15 . . . –14
            b.    –12 . . . 4
            c.      . . . 
6.    Dari bentuk-bentuk beri-kut, manakah yang me-rupakan
       pertidaksamaan linear!
           a.    4(x – 2) < 12
           b.    y(4 – y) > 9
7.    Tentukan penyelesaian dari pertidaksamaan beri-kut!
          a. y  +  4    –7
          b. 2(m – 3) < m – 8

8.     Tentukan penyelesaian dari pertidaksamaan berikut!    2m + 6 < 4m –2

9.    Tentukan penyelesaian dari pertidaksamaan beri-kut!
        a.      
        b.      
        c.      2(2p – 1) < 3(2p + 3)
10.    Tunjukkan dengan grafik,  penyelesaian dari perti-daksamaan berikut!
       a.   
       b.      dan  

SOAL UJI KOPETENSI 10 KELAS VII  (tujuh)
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Seorang anak mengenda-rai sepeda sejauh 9x km, kemudian
       berjalan kaki sejauh x km.
         a.Tentukan jarak yang ditempuh dinyatakan dalam x.
         b.Jika jarak yang ditem-puh seluruhnya kurang dari 30 km, susunlah   
        pertidaksamaan  dalam x, kemudian selesai-kan!
2.    Tentukan berapa rupiah besar keuntungan atau kerugiannya, jika:
           a.    harga pembelian Rp20.000, harga pen-jualannya Rp24.000
           b.    harga pembelian Rp50.000, harga pen-jualannya Rp46.000
3.    Seorang pedagang sapi menjual 5 ekor sapi de-ngan harga Rp50.000.000
      Setelah   dihitung ternyat  pedagang tersebut men-dapat untung
       sebesar Rp 5.000.000  Berapa harga pembelian seekor sapi?
4.    Pak Agus membeli 40 buah pepaya dengan hrga seluruhnya Rp75.000.
       Pe-paya tersebut kemudian  dijual dengan harga Rp3.500 setiap 2 buah.
           a.Untung atau rugikan Pak Agus?
           b.Berapa persentase un-tung atau ruginya?
5.    Harga pembelian 20 kaos adalah Rp 300.000. Sete-lah dijual rugi 5%.
       Tentukan harga    penjualan
       se-tiap kaos!
.      Harga sebuah mainan anak-anak Rp 20.000. Ibu memperoleh diskon sebesar     
       10% karena mem-bayar kontan. Berapa ru-piah ibu harus membayar jika ia 
        membeli 2 buah mainan?
6.    Seorang pedagang mem-beli 5 karung beras de-ngan bruto
        masing-masing 60 kg dan  tara 1 %. Berapa rupiahkah harus dibayar oleh
       pedagang itu jika harga 1 kg beras   Rp4.800?
7.    Anton menyimpan uang di Bank Mandiri sebesar Rp. 1.100.000,00
       dengan bunga 20% pertahun Tanpa menghitung bunga 1 tahun,
        hitunglah bunga uang Anto setelah :
           a. 4 bulan,
           b.    9 bulan.
8.    Seorang karyawan mem-peroleh gaji sebulan Rp.2.500.000 dengan
       penghasilan tidak  kena pajak Rp 960.000. Jika besar besar pajak
       peng-hasilan 10%, berapa gaji yang diterima karyawan tersebut
       dalam  sebulan?

9.    Suatu denah tanah dibuat dengan skala 1 : 500. Jika denah tanah tersebut
       berukuran 22,5 cm x 12cm, tentukan :
           a.    ukuran tanah sebenar nya?
           b.    Perbandingan luas de-nah dengan luas sebe-narnya.

10.    Sederhanakan perbandi-ngan-perbandingan beri-kut:
           a.  24 : 72
           b.  
            c. 10 liter  :  30 ml.

SOAL UJI KOPETENSI 11 KELAS VII  (tujuh)

Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Hitunglah nilai a dan p pada perbandingan-per-bandingan berikut ini?
            a.    a : 5  = 12 : 20
            b.    6 : 9  =  16  :  p
2.    Harga 3 buah sabun man-di adalah Rp 6.000. Berapa harga   lusin sabun mandi?

3.    Dua puluh lima orang dapat menyelesaikan suatu pekerjaan selama 54 hari.
       Berapa harikah pekerjaan itu selesai jika dikerjakan oleh 18 orang?


4.    Sebuah peta dibuat de-ngan aturan setiap 5 cm mewakili 150 km.
       Jika jarak dua kota yang sebenarnya
       210 km, maka berapakah jarak dua kota tersebut pada peta?

5.    Keluarga Pak Agus mem-punyai persediaan beras yang cukup untuk 4 orang
       selama 24   hari. Dalam  keluarga itu bertambah 1 orang sopir
      dan 1 orang pramuwisma. Berapa  hari  persediaan beras
       tersebut akan habis ?

SOAL UJI KOPETENSI 1 KELAS IX
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Apakah kedua bangun  berikut  sama dan sebangun (kong-ruen)? Jelaskan !




2.    Sebuah mobil berukuran pan-jang 4,5 m dan tinggi 1,2 m.
       Mobil itu akan dibuat model dengan tinggi
       8 cm. Tentukan panjang mobil pada model !

3.    Apakah kedua bangun persegi panjang berikut sebangun? Jelaskan !



4.    Pada gambar berikut,   dan   sebangun. Tentukan panjang a, b, dan c !




5.    Jika persegi panjang luar dan persegi panjang dalam pada gambar
       di bawah sebangun, hitunglah panjang persegi panjang yang dalam !




6.    Sebutkan syarat-syarat dua segitiga sama dan sebangun


SOAL UJI KOPETENSI 2 KELAS IX
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Sebutkan sifat-sifat dua  segitiga sama dan sebangun !
2.    Buktikan bahwa segitiga ABC dan segitiga CDA sama dan sebangun!
3.    Sebutkan syarat-syarat dua segitiga sebangun !
4.    Dalam segitiga XYZ dan segitiga KLM diketahui be-sar  sudut X = 40°,
       sudut Y = 75°, sudut M = 65°,dan  sudut K = 40°.

5.    Apakah kedua segitiga ter-sebut sebangun? Buktikan!




            a.    Mengapa kedua segitiga tersebut sebangun ?
            b.    Hitunglah panjang KL !
6.    Sebutkan perbedaan segi-tiga sebangun dengan sa-ma dan sebangun !

7.    Tentukan panjang PQ dan RS dari gambar berikut !

SOAL UJI KOPETENSI 3 KELAS IX
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Dari gambar di atas, hitunglah panjang CA, AD, dan CE !


2
       Sebuah foto ditempelkan pada sehelai karton, yang beruku-ran 40cm x 60cm.
       Di sebelah atas, kiri, dan kanan karton masih terdapat sisa karton
      yang lebarnya 5cm. Jika foto dan karton sebangun, hitung-lah   
      lebar karton yang tersisa di bagian bawah foto !
3.   Sebuah tabung, diketahui jari-jari alasnya 7 cm dan tingginya 20 cm.
      Tentukan luas permukaan tabung tersebut !
4.    Luas selimut tabung adalah 528 cm². Jika tinggi tabung itu 12 cm dan  ,
       hitunglah panjang jari-jari alasnya !
5.   Sebuah kerucut, dike tahui jari-jari alasnya 7 cm dan panjang garis pelukisnya
      25 cm. Tentukan luas selimut kerucut tersebut dengan   !
6.   Luas selimut sebuah ke-rucut yang panjang garis pelukisnya 25 cm adalah
      1.570 cm². Jika tinggi kerucut 12 cm dan  ,
      hitunglah pan-jang jari-jari alasnya !
7.    Sebuah bola berjari-jari 14 cm, hitunglah luas bola tersebut !
8.    Sebuah tabung alas nya berjari-jari 20cm dan tingginya 30 cm.
       Berapakah volume ta- bung tersebut ? .
9.    Panjang jari-jari alas sebuah tabung 7 cm dan tingginya
       10 cm. Jika panjang jari-jarinya diperpanjang menjadi 10,5 cm, tentukan:
        a.    besar perubahan volume tabung .
        b.    perbandingan volume ke-dua tabung.

SOAL UJI KOPETENSI 4 KELAS IX
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Volume suatu kerucut 770cm³. Jika tinggi kerucut 15 cm dan ,
       hitunglah pan-jang jari-jari alas kerucut  tersebut !


2.    Volum sebuah bola adalah  , hitunglah pan-jang jari-jari bola tersebut !

3.    Sebuah lilin berbentuk tabung dengan diameter alas 3 cm dan tingginya 20 cm.
       Jika setiap menit  rata-rata terbakar 2 cm³, tentukan waktu yang
       diperlukan sampai lilin itu terbakar habis !
       Perhatikan data berikut:.
       50, 55, 75, 65, 60, 65, 55, 80, 70, 60, 75, 85, 95, 85, 75, 80, 65, 85, 90, 85.
4.    Buatlah tabel skor dengan turus!
        Nilai ulangan dari  10 siswa SMP adalah sebagai berikut :
        6, 6, 10, 9, 7, 8, 10, 6, 8, 9
           
5.    Hasil ulangan Matematika dari 8 siswa adalah sebagi berikut :5,6,8,6,7,4,5,6.
              a. Hitunglah rata-rata, medi-an, dan modusnya !
              b. Apakah maksud dari rata-rata, median, dan modus tersebut ?
               

SOAL UJI KOPETENSI 5 KELAS IX
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Hasil pengukuran berat badan dari 10 siswa SMP diperoleh
       data (dalam kg) sebagai  beri-kut :
       45, 40, 48, 50, 47, 39, 42, 43, 55, 52.
       a.    Tentukan kuartil bawah (Q1) dan kuartil atas (Q2) !
       b.    Hitunglah jangkauan inter-kuartilnya !
2.   Berikut ini adalah data umur 20 siswa SMP Harapan Bangsa ( dalam tahun ) .
      13, 14, 13, 16, 13, 14, 15, 16, 14, 13, 13, 16, 15, 13, 14, 15, 13, 15, 13, 14.
      Gambarlah diagram batang dari data tersebut !
3.    Data di bawah adalah data produksi kayu lapis Indonesia dari tahun 2000
       sampai tahun 2006 dengan pembulatan ke ratus ribuan m³ terdekat.
       Buat-lah diagram garisnya !
       Tahun     Jml Produksi
       2000          10.500.000
       2001            7.000.000
       2002            9.500.000
       2003            6.500.000
       2004            8.600.000
       2005          11.000.000
       2006            9.100.000

SOAL UJI KOPETENSI 6 KELAS IX

Bidang study         : Matematika

guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.    Dari hasil pendataan di suatu kelurahan terdapat 200 orang siswa dengan
       data sebagai berikut  :  Buatlah diagram lingkarannya!
        Pendidikan    Frekuensi
         SD                     60
       SMP                   90
      SMA                    10
      SMK                    40

2.    Hasil pengukuran panjang bayi yang baru lahir sampai cm terdekat
       adalah sebagai berikut :
       53   51  48  44  49  50  52  47  45   51  53   45
       50   48    47  51  47  46  50  53  48  49  47
3.    Buatlah daftar frekuensi dengan interval kelas 3 di,ulai dari 44.
4.    Empat kartu As dikocok, kemudian diambil satu kartu secara acak.
       Berapa   peluang :
       a.    As hati, As berwarna merah ?
5.    Pada percobaan mengetos tiga mata uang logam, tentukan :
        a.    Ruang sampelnya dengan menggunakan diagram pohon,
              banyak titik sampelnya ?
6.    Dua uang logam ditos bersama-sama. Tentukan pe-luang kejadian dari :
        a.    muncul angka dan gambar,
        b.    muncul kedua-duanya angka,muncul gambar.
7.    Dua buah dadu ditos bersama-sama. Tentukan peluang kejadian berikut :
       a.    Muncul dadu pertama bukan bermata empat,
       b.    Muncul mata dadu kedua bukan berjumlah 11.
8.    Dalam percobaan mengetos sebuah mata uang logam sebanyak 200 kali,
       berapa kalikah diharapkan  muncul gambar ?
9.    Dari seperangkat kartu bridge, diambil sebuah kar-tu secara acak. Hitunglah :
        a.    P( King )
        b.    P( As )
        c. P( King atau As )
10.    Dua keping mata uang lo-gam ditos bersama-sama.
         Tentukan peluang muncul gambar dan angka.


SOAL UJI KOPETENSI 5 KELAS IX  (SEMBILAN)
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Bidang study         : Matematika
guru pembimbing : M.Zaini, S.Pd

1.   Volume suatu kerucut 770cm³. Jika tinggi kerucut 15 cm dan ,
      maka panjang jari-jari alas kerucut  tersebut adalah....
      a.7 cm        b.14 cm            c.22 cm            d.77 cm   
2.   Sebuah tabung alas nya berjari-jari 20cm dan tingginya 30 cm.
      maka volume tabung.( π = 3,14) tersebut adalah....
      a.37500 cm3    b. 37680 cm3        c. 38500 cm3        d. 38680 cm3
3.   Sebuah tabung, diketahui jari-jari alasnya 7 cm dan tingginya 20 cm.
      maka luas permukaan tabung tersebut adalah...
      a.1166 cm2    b. 1177 cm2        c. 1188 cm2        d. 2288 cm2
4.   Sebuah bola berjari-jari 14 cm, maka luas bola tersebut adalah...
     a.2164 cm2    b. 2264 cm2        c. 2364 cm2        d. 2464 cm2
5.  Nilai ulangan dari  10 siswa SMP adalah sebagai berikut :
     6, 6, 10, 9, 7, 8, 10, 6, 8, 9 maka nilai meen nya adalah...
     a.8        b.7,9            c.6            d.5
6.   Hasil ulangan Matematika dari 8 siswa adalah sebagi berikut :
      5,6,8,6,7,4,5,6. Maka nilai mediannya adalah...
      a.6        b.5,9            c.5,6            d.4,5
7.   Data di bawah adalah data produksi kayu lapis Indonesia dari tahun 2000
      sampai  tahun 2006 dengan
      pembulatan ke ratus ribuan m³ terdekat.
      Tahun    Jml Produksi
     2000         10.500.000
     2001           7.000.000
     2002           9.500.000
     2003           6.500.000
     2004           8.600.000
     2005         11.000.000
     2006           9.100.000
    Maka jangkauannya adalah...
    a.4.000.000   
    b.4.500.000        
    c.6.500.000       
    d.11.000.000
8.    Hasil pengukuran berat badan dari 10 siswa SMP diperoleh data (dalam kg)
       sebagai  berikut :
       45, 40, 48, 50, 47, 39, 42, 43, 55, 52.
      Maka kuartil bawah (Q1) dan kuartil atas (Q2) berturut-turut adalah...
      a.39 dan 55    b. 45 dan 47        c. 41 dan 51        d. 50 dan 52
9.    Jangkauan inter-kuartil pada soal no.8 adalah....
       a.8        b.7,9            c.7            d.10
10.  Hasil pengukuran berat badan dari 10 siswa SMP diperoleh rata-ratanya 48,5
       Jika ditambah seorang siswa rata-rata berat badan naik 0,5,
       maka berat badan siswa yang baru adalah...
       a.48 kg        b.54 kg            c.84 kg            d.85 kg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar